Monday, March 20, 2017

Cara Mengatasi Projector Tidak Muncul Saat Dikoneksikan di Windows 10

Tags
Cara Mengatasi Projector Tidak Muncul Saat Dikoneksikan - Pernahkah kalian mengalami kebingungan saat memakai laptop tiba tiba tak dapat connect alias menu connect to projector  tiba tiba tak muncul. Dulunya sebelum diinstall ulang, saat kabel projector HDMI dihubungkan dengan cara otomatis dapat connect ke projector. Tetapi tiba tiba tak dapat connect seusai diinstall ulang. Bahkan di tahap connect to projector yang kami cari di menu search windows dapat kami temukan tetapi saat diklik tak dapat masuk ke pengaturan.

Cara Mengatasi Projector Tidak Muncul Saat Dikoneksikan
Cara Mengatasi Projector Tidak Muncul Saat Dikoneksikan

Persoalan ini sempat dialami oleh kawan saya yang mempunyai laptop merk Lenovo  lenovo s215 windows 7 32bit. Laptop yang mulanya dapat connect ke projector tiba tiba tak dapat conncet sama sekali. Awalnya lumayan bimbang juga kok dapat tak connect. Seusai mendalami, nyatanya asal mula persoalannya merupakan sebab laptop baru saja install ulang dengan windows yang baru. Seusai mendengar persoalan tersebut, kami langsung praktek untuk menanggulanginya.

Langkah Mengatasi Projector Tidak Muncul Saat Dikoneksikan


1. Kita cek dulu projector ke laptop lain. Cara ini merupakan tutorial pertama yang kita perbuat. Yakni dengan memindahkan kabel HDMI ke laptop lainnya. Pada permasalahan ini, seusai dicoba dilaptop lain nyatanya projector berlangsung dengan lancar tak ada hambatan. Artinya projector dalam kondisi sehat.
Baca Juga : Cara mengatasi "not recognized as an internal or external command" di Windows 10
2. Cek kabel HDMI / HDMI ke VGA . Pengecekan ini juga pernah kita perbuat, tetapi hasilnya sama . Yakni kabel dalam kondisi normal. Sebab saat kita coba pada laptop lain, projector serta kabel penghubung dapat dipakai. Lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Masuk ke Control Panel >> Connect to Projector . Cara ketiga ini kita perbuat dengan tutorial memasuki setting ke Connect to projector. Tetapi sayang seribu sayang. Saat kita mencoba memasukinya nyatanya kita tak dapat masuk ke setting yang kita inginkan. Saat kita ketikkan kombinasi Windows + P juga tak keluar opsi display. Berarti semacamnya ada persoalan dalam display.

4. Download driver VGA. Nah seusai 1 jam bergelut dengan persoalan ini, akhirnya kami menemukan solusinya. Seusai kami cek, nyatanya drive VGA untuk laptop yang berpersoalan tersebut belum ter-install. Faktor ini terjadi sebab ketika berakhir diinstall ulang mungkin lupa driver VGA nya belum diinstall. Akhirnya ketemu juga. Lanjut ke proses download driver VGA - Install driver VGA yang bakal kami bahas dibagian bawah tulisan ini.
Baca Juga : Cara Buka Flashdisk yang di Write Protected dengan Mudah


SOLUSI Mengatasi Connect to Projector tidak muncul.

Kesimpulan. Jadi tutorial jitu untuk menanggulanginya merupakan dengan tutorial mengunduh driver VGA nya, Pada permasalahan ini kita mengunduh driver VGA untuk laptop Lenovo seri s215. Kalian dapat mencari driver VGA sesuai merk serta seri komputer/ laptop kamu. Caranya dengan mencari di google.com dengan misal keyword semacam ini :

"Download driver [merk laptop] [seri laptop] [sistem operasi] [32-bit/ 64-bit ]"

 Contoh :

"Download driver lenovo s215 windows 7 32bit"

Akan timbul berbagai opsi yang muncul. Usahakan pilih alamat website yang berasal dari website resmi. Semacam lenovo.com , asus.com/id , dll. Tidak hanya terpercaya, pada website resmi ini driver rutin di update sesuai keperluan. Tak sama dengan blog penyedia driver laptop.

website lenovo indonesia
Situs resmi lenovo

Dibagian website bakal timbul spesifikasi serta tipe laptop kita. Di sana kami dapat memilih sistem operasi yang kami gunakan. Butuh diingat, tiap merk laptop serta website mempunyai desain serta fitur yang tak sama beda. Disini kami mencontohkan pada website resmi lenovo. Dengan laptop yang dinstall windows 7 32-bit.

download driver lenovo s215
Pilih sistem operasi

Seusai itu bakal timbul berbagai opsi driver yang kami butuhkan. Dalam permasalahan ini kami mengalami persoalan dalam faktor display laptop alias VGA laptop yang menyebabkan laptop tak dapat conect ke projector. Oleh sebab itu kami hanya membutuhkan driver VGA saja.
Baca Juga : Cara Install Emulator Android dengan Genymotion di Kali Linux
Pilih driver VGA, kemudian pilih download. Maka proses download bakal berlangsung. Tunggu sampai proses download berakhir. Tergantung kecepatan koneksi masing masing. Untuk ukuran driver yang kami download ini berkapasitas 174 MB.

driver vga lenovo s215
Download driver VGA

Seusai proses download berakhir. Install file tersebut pada laptop yang tak dapat connect ke projector. Ikuti proses install sampai berakhir. Apabila sukses, maka bakal ada notifikasi untuk me-restart laptop. Maka restart laptop supaya perubahan yang terjadi dapat berpengaruh. Saat masuk ke windows lagi, maka kini laptop telah dapat connect ke projector. Serta saat kalian menekan kombinasi tombol Windows + P maka telah dapat timbul opsi jenis display yang kalian inginkan.


windows+P
Kombinasi windows+P

Nah itulah solusi ringkas dari pengalaman admin saat Mengatasi Projector Tidak Muncul Saat Dikoneksikan di Windows 10. Semoga kamu mudah mengerti tutorial di atas dan semoga berhasil meng-connect-kan laptop ke projector setalah mengikuti cara di atas. Semoga artikel yang sedikit ini berguna bagi sobat setanah air.

4 comments

Bgaimna dengan klw misalx proyektor cuman memunculkan tampilan layar laptop sj?

Bgaimna klw misalx proyektor cuman menampilkan halaman desktop sj?

Mohon pencerahannya dong master, saya pakai HP14-S 2030TX, projector pakai panasonic. Ada du kabel vga 1,5m dan 5m. Krn default laptop pakai HDMI saya belikan konverter HDMI to VGA. Kalu pakai kabel pendek yg 1,5m bisa muncul duplicate monitornya. Tapi kalu pakai yg panjang tidak muncul. Sedangkan kabel panjang sdh sayabcoba ke laptop saya lain Acer bisa muncul. Mohon pencerahannya master. Terima kasih

Tambahan pakai kabelbyg pendek di laptop Langsungbkoneknke projector tanpa settingan yg aneh2. Terima kasih


EmoticonEmoticon