Thursday, February 9, 2017

Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 dengan Mudah

Tags
Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 dengan MudahSelamat malam Sobat gretongers, Pada peluang hari ini Admin ingin memberbagi Tutorial memakai system restore pada windows 10. Tanpa kami sadari di Windows 10 nyatanya pihak Microsoft telah mematikan alias menonaktifkan System Restore dengan cara default. System Restore sendiri telah ada sejak Windows ME, serta manfaatnya merupakan merekam serta menyimpan file sistem yang telah ada yang nantinya bakal dipakai jika windows berpersoalan.

Meskipun telah di nonaktifkan tapi tetap tetap ada di dalam Windows 10, sehingga kami dapat mengaktifkannya lagi kalau terbukti Sobat suka serta enjoy memakai System Restore sebab sebetulnya Windows 10 itu telah memberbagi fitur recovery tidak hanya System Restore.


Menggunakan System Restore di Windows 10
sistem operasi windows 10



Kenapa Microsoft menonaktifkan System Restore  di Windows 10?


Pihak Micrososft sebetulnya tak sempat membahas argumen mereka kenapa mereka tak mengaktifkan System Restore dengan cara default. Tapi mungkin kami tahu sedikit penyebabnya. Yaitu sebab System Restore lumayan memakan tak sedikit ruang hard disk untuk menyimpan backup system filenya serta juga Microsoft ingin supaya Windows 10 bisa berlangsung dengan memakai ruang disk yang sedikit. Microsoft ingin Windows 10 bisa berlangsung dengan sedikitnya 16 GB ruang hard disk supaya bisa bersaing dengan Chromebooks serta tablet Android.

System Restore juga tak terlalu penting dibandingkan fitur lain di Windows 10 untuk membikin sistem windows semacam saat pertama kali install. Faktor ini sebab fitur Reset yang ada di Windows lumayan untuk me-refresh sistem Windows tanpa wajib menghilangkan data - data lainnya.


Cara mengaktifkan kembali System Restore di Windows 10



Sobat dapat mengaktifkan lagi System Restore lewat Control Panel. Sebab faktor ini bakal mengambil ruang disk yang lumayan tak sedikit, sehingga Sobat tak wajib meperbuatnya di laptop kecil serta tablet sebab mempunyai ruang disk yang kecil. Kalau Sobat punya kapasitas hard disk yang lumayan besar di komputer Sobat, maka faktor ini tak persoalan.

Caranya klik ikon search di taskbar lalu ketik Restore. Kemudian klik “Create a restore point”. Tutorial lainnya yaitu dengan membuka Control Panel lalu klik System serta klik System Protection yang ada di sebelah kiri.

Menggunakan System Restore di Windows 10
Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 dengan Mudah

Pada jendela System Properties kalian bisa lihat kalau Local Disk C dan partisi lainnya pada kolom Protection adalah Off. Pilih pada Local Disk C lalu klik Configure untuk mengaktifkannya.

Cara Menggunakan System Restore di Windows 10
Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 dengan Mudah


Klik pada pilihan “Turn on system protection” lalu pilih seberapa kapasitas hard disk yang mau Sobat gunakan untuk menyimpan restore point. Semakin kecil kapasitas yang Sobat berikan, semakin sedikit pula restore point yang bisa System Restore simpan. Klik OK dan setelah itu System Restore sudah aktif.


Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10
Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 dengan Mudah


Kemudian untuk menggunakan System restore kedepannya, tinggal buka System properties dan tab System protection seperti diatas. Lalu pada bagian System Restore klik System Restore …. Tinggal pilih saja pada restore point yang mana yang ingin Sobat pilih.


Cara lain memperbaiki masalah Sistem di Windows 10



Kalau Sobat mau membenahi sistem windows tetapi System Restore sedang dalam kondisi disable jadi tak ada restore point yang dipakai, maka jangan khawatir sebab ada tutorial lain untuk membenahi persoalan yang ada di windows.
Baca Juga : Tutorial Cara Menonaktifkan Action Center di Windows 10 dengan Mudah
Apabila persoalan yang ada terjadi cocok seusai Sobat mengupdate windows, maka tinggal ubah serta kembalikan versi build windows 10 ke sebelumnya. Faktor ini sewajibnya membenahi persoalan dampak update windows yang berkaitan dengan hardware serta software tertentu.

Apabila menginstal sebuah program software alias driver hardware serta persoalan terjadi seusai itu, maka solusinya tinggal hapus serta uninstall program alias driver tersebut.

Sebetulnya ada tak sedikit tutorial lain yang dapat dipakai untuk membenahi sistem Windows 10. Bagaimanapun juga ada satu tool yang bernama “Reset this PC” yang letaknya ada di software Settings. Tool ini bakal menghilangkan sistem Windows 10 milik Sobat serta mengembalikannya ke setting awal. Tapi tenang saja sebab file serta data personal masih aman alias tak bakal terhapus.

Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 dengan Mudah
Tutorial Cara Menggunakan System Restore di Windows 10 dengan Mudah


System Restore selalu menjadi cara terbaik saat memperbaiki sistem yang bermasalah, namun kekurangannya adalah memakan cukup banyak ruang hard disk. Dan jika Sobat sedang menghadapi masalah pada Windows 10 sedangkan System Restore belum Sobat aktifkan, tenang saja karena masih ada fitur “Reset” yang tidak kalah bagusnya.

Mungkin itu saja yang ingin Admin sampaikan kepada sobat - sobat gretongers.
Mudah - mudahan cara ini berguna jika di windows 10 terjadi kesalahan seperti error dan yang lainnya.

13 comments

kebetulan ane sering bermasalah sama win 10 :D
nice info gan :D

Wah bagus nih . makasih infonya gan :)

Emang butuh banyak ruang di penyimpanan utk sekedar naro backupan :D Kalo saya sih gada masalah jadi biarkan system restore default :)

Restore PC emang butuh harddisk yang besar karena nyimpan cahce dari berbagai aplikasi & driver yang terinstal

nice info mas
ane jadi ngerti sekarang

saya masalahnya windows 10 kadang not responding gan padahal udah ditambah RAM

kok malah suka not responding ya gan windowsnya kalo di aktifkan system restorenya?

mungkin backup ato versi build windowsnya gan bermasalah

Aku masih pakek windows 7, thanks gan sheringnya :)


EmoticonEmoticon